Siapa Sangka Selain Menjadi Aktor Besar Inilah “Pekerjaan Lain” Seorang Jackie Chan! Banyak Orang Tidak Menyangka Ternyata Dia Orang Seperti Ini!

Loading...

Siapa yang tak kenal Jackie Chan? Dia adalah produser, aktor bela diri, aktor komedi, penulis naskah layar lebar dan penyanyi terkenal dari Hong Kong. Namanya sudah mendunia, penikmat film di manapun rasanya tidak mungkin kalau tidak mengenalnya. Di tahun 2016, Jackie Chan meraih penghargaan Honorary Oscar dalam The Eighth Annual Governors Awards di Hollywood and Highland Center. Total 200 film sudah ia bintangi sampai saat ini. Siapa sangka, selain memiliki pekerjaan sebagai aktor, Jackie Chan sebenarnya mempunyai pekerjaan utama lainnya, yaitu sebagai dermawan.

Dari semua kegemilangan karir Jackie Chan, banyak orang yang belum mengetahui kalau ternyata Jackie Chan juga merupakan seorang dermawan. Tahun 1988, Jackie Chan membuat sebuah yayasan amal dengan menggunakan namanya sendiri. Jackie Chan membuat yayasan ini dengan tujuan untuk membantu anak-anak terlantar dan miskin, orang cacat, dan para lansia. Yayasan The Jackie Chan ini juga sering memberi bantuan layanan medis, dan bantuan kepada korban bencana alam atau sakit.

Loading...

Sponsored Ad

Tahun 2007, Jackie Chan memberikan donasi sebesar 1 juta HKD kepada Unicef, dan di tahun yang sama juga memberikan donasi 100.000 HKD ke beberapa daerah yang dilanda gempa dahsyat di Yunnan, Tiongkok. Kemudian, di tahun 2013 bersama beberapa artis lain seperti Huang Yida dan Liuyun memberikan donasi berupa pakaian, makanan, dan air bersih dengan total biaya 3 juta RMB untuk penduduk desa di daerah Hebei.

Loading...

Agustus 2017 baru-baru ini Jackie Chan menghadiri kegiatan amal ‘Kesejahteraan Masyarakat Tibet’ dan memberi donasi sebesar 2 juta RMB untuk pengembangan fasilitas medis dan penyembuhan penyakit mata.Kebetulan hari itu bertepatan dengan hari ulang tahun Jackie Chan yang ke-61. Jackie Chan merasa sangat senang karena penggemarnya di sana banyak memberikan dia hadiah, bahkan ada yang memberikan dia uang. Mendapat uang dari penggemarnya, Jackie Chan menyatakan kalau masyarakat tidak perlu khawatir, karena uang itu akan dikumpulkan dan digunakan untuk kegiatan amal lainnya. Jackie Chan juga akan mengeluarkan uang sesuai total uang yang ia terima dari penggemarnya. Jackie Chan menegaskan, uangnya akan selalu digunakan untuk amal.

Selain aktif dalam kegiatan amal, Jackie Chan juga aktif dalam berbagai kegiatan pelestarian lingkungan. Baru-baru ini Jackie Chan memulai projek terbarunya yaitu ‘The Enviromental Hero’ yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan mendorong banyak orang untuk turut menjaga lingkungan. Projek ini dimulai Jackie Chan dengan membersihkan sampah-sampah yang ada di Provinsi Qinghai, Tibet, Tiongkok. Sebagai seorang publik figur yang mempunyai citra positif, tidak peduli ada kamera ataupun tidak, Jackie Chan akan selalu melakukan tindakan yang positif. Hal kecil seperti memungut sampah yang dibuang sembarangan oleh orang lain pun tetap dilakukan oleh mega bintang seperti Jackie Chan sekalipun. Dalam kesehariannya, Jackie Chan selalu membawa kantung plastik dan mengumpulkan sampah-sampah di pinggir jalan, baru kemudian ia buang semua sampah itu pada tempatnya.

Sponsored Ad

Jackie Chan memilih daerah ini sebagai tempat pertama karena di daerah ini terdapat sumber air Sungai Mekong. Sungai ini bersumber di Gunung Jifu, kemudian mengalir ke daerah Yunnan, terus mengalir ke beberapa negara di Asia Tenggara seperti, Myanmar, Thailand, Laos, Kamboja, hingga ke Vietnam. Jika orang-orang di daerah sumber Sungai Mekong suka membuang sampah sembarangan, maka akan mempengaruhi kehidupan orang yang tinggal di daerah yang dilewati oleh sungai ini.

Jackie Chan merasa kegiatan yang dilakukan ini dapat membuka mata masyarakat dan anak-anak yang tinggal di sana. Inilah hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga kelestarian hidup masyarakat dunia. Dari sekarang mulailah diri sendiri, dan dari hal kecil dengan tidak membuang sampah sembarangan untuk dunia yang lebih baik di kemudian hari.

Banyak orang melihat, tidak peduli seberapa keras kehidupan Jackie Chan di masa lalu, dan berapa kali ditipu oleh badan amal lainnya, Jackie Chan tetap saja akan melakukan kegiatan amal. Sebagai mega bintang, banyak pula yang beranggapan kalau Jackie Chan melakukan kegiatan ini sebenarnya hanya berpura-pura. Ia beramal dengan tujuan untuk memperlancar karir dan membuat citra positif semata. Jackie Chan pun tidak menampik, ia mengatakan kalau ia memulai kegiatan amal memang dimulai dari kepura-puraan.

Ketika pertama kali Jackie Chan terjun ke industri film Hong Kong, dia lebih banyak menjadi pemeran pengganti. Pemeran pengganti adalah pekerjaan dengan risiko tinggi dengan bayaran rendah,  oleh sebab itu banyak orang yang memandang rendah dirinya. Namun, siapa sangka lama-kelamaan karirnya terus meningkat. Di usia yang baru 20-an sudah memiliki banyak uang. Jackie Chan pun membeli banyak jam tangan mahal dan setiap hari mengundang teman-temannya untuk berpesta. Walaupun demikian, Jackie Chan tetap merasa bingung, ia tidak tahu harus melakukan hal apa lagi untuk menghabiskan uangnya.

Seiring dengan terus meningkatnya popularitas seorang Jackie Chan, banyak badan amal yang ingin mengundangnya untuk turut serta dalam kegiatan amal. Tapi, Jackie Chan selalu menolak karena tidak memiliki waktu. Ya, selain sibuk syuting, Jackie Chan sibuk berpesta dengan teman-temannya, sehingga ia benar-benar tidak memiliki waktu untuk menghadiri acara seperti ini. Sampai suatu ketika, ada seseorang yang berhasil mengatur waktu agar Jackie Chan bisa hadir ke salah satu kegiatan amal. Jackie Chan tidak perlu melakukan apapun, yang terpenting adalah Jackie Chan bisa hadir dalam acara itu. Orang itu juga mengatakan jika Jackie Chan bersedia hadir akan sangat membantu bagi perkembangan karir dan popularitas Jackie Chan sendiri. Mendengar perkataan ini, Jackie Chan akhirnya mengiyakan ajakan untuk hadir di acara amal tersebut.

Acara amal tersebut ternyata adalah acara yang diselenggarakan untuk membantu anak-anak yang cacat. Melihat kehadiran seorang mega bintang seperti Jackie Chan, anak-anak menjadi sangat bersemangat dan senang. Asisten Jackie Chan pun mengatakan pada anak-anak kalau Jackie Chan walaupun sangat sibuk,  tapi selalu memikirkan mereka dan sangat ingin bertemu dengan anak-anak. Mendengar kata-kata asistennya, Jackie Chan merasa tidak enak hati dan ada sedikit perasaan bersalah dalam dirinya. Jackie Chan pada awalnya tidak bersedia untuk hadir, dan ia tidak tidur sebenarnya karena keasyikan berpesta dengan teman-temannya. Asistennya kemudian menambahkan kalau Jackie Chan telah menyediakan hadiah untuk dibagikan untuk anak-anak itu. Jackie Chan merasa seperti orang bodoh, semua ini sudah diatur dengan begitu indah oleh orang lain. Jackie Chan tidak pernah berpikir untuk membawa hadiah, dan ia pun tidak tahu sebenarnya ada apa di balik kotak hadiah itu.

Sponsored Ad

Anak-anak itu kemudian satu persatu mengucapkan terima kasih kepada Jackie Chan. Mendapat perlakuan begitu baik dari anak-anak ini justru membuat Jackie Chan semakin merasa bersalah dan tidak tahu harus berbuat apa. Jackie Chan hanya terus bisa tersenyum dan melanjutkan peran sebagai ‘orang baik’ di hadapan anak-anak ini.

Kemudian, di akhir acara ada salah satu anak yang menanyakan pada Jackie Chan apakah dia akan datang lagi tahun depan? Jackie Chan pun langsung menjawab ia pasti datang. Di tahun berikutnya, Jackie Chan mempersiapkan baik-baik hadiah yang akan diberikan untuk anak-anak. Menurut Jackie Chan, ini adalah sebagai bayaran atas kesalahan yang dia lakukan tahun lalu. Setelahnya, Jackie Chan pun mulai aktif mengikuti berbagai kegiatan amal. Jackie Chan sendiri tidak menyangka kalau ia bisa terus melakukan kegiatan amal sampai saat ini. Pada awalnya ketika ia masih enggan mengikuti kegiatan amal, Jackie Chan berpikir kalau ia hanya akan mengikuti satu kali kegiatan amal, tidak akan ada kedua kalinya.

Jackie Chan juga menambahkan, dalam kehidupan kita akan mudah terjerumus. Baik terjerumus dalam hal yang buruk atau baik. Walaupun pada awalnya ia melakukan kegiatan amal  dari kepura-puraan, tapi ini merupakan kepura-puraan yang baik. “Berbagai macam pekerjaan yang hebat selalu dimulai dari hal-hal yang diluar perkiraan seseorang. Asalkan kita terus konsisten melakukan hal baik itu, tidak perduli bagaimana memulainya, kita akan selalu lebih baik daripada orang-orang yang hanya bisa berdiri melihat dan mengomentari segala hal yang kita lakukan, tapi dia sendiri tidak melakukan apa-apa sama sekali,” kata Jackie Chan.

Bagi seorang Jackie Chan, menjadi seorang dermawan telah mengajarinya bagaimana menjadi pribadi yang lebih baik. Orang baik bukanlah orang yang suci tanpa cela, mereka akan terus berkembang dan terus memperbaiki diri seiring dengan berjalannya waktu. Asalkan kita terus meningkatkan sikap toleransi, mau membantu sesama, dan mengurangi menyalahkan atau mengkritik orang lain, maka jumlah orang baik di dunia pun akan semakin bertambah banyak.

Dalam perjalanannya sebagai seorang dermawan, Jackie Chan berharap ia bisa menjadi seperti lokomotif kereta api yang bisa membawa gerbong-gerbong lainnya untuk jalan bersama. Tapi, menjadi seorang pemimpin ataupun penggerak tidaklah mudah, dan menandakan kalau ada tanggung jawab besar yang harus dipikul. Tapi, Jackie Chan akan merasa sangat senang jika ada makin banyak orang yang mau bersamanya menaiki kereta, dan memiliki profesi yang sama seperti dirinya, yaitu sebagai seorang dermawan.

Jackie Chan benar-benar patut menjadi idola dan panutan orang banyak. Di film-filmnya ia selalu berperan sebagai seorang pahlawan, bahkan di dunia nyata sekalipun Jackie Chan tetap menjadi pahlawan bagi banyak orang. Jackie Chan selalu berusaha untuk membantu banyak orang dan meningkatkan kesejahteraan hidup orang banyak. Jackie Chan adalah seorang bintang kungfu legendaris dan ‘pahlawan’ sejati!

Sumber: Fafa

Loading...